Heiken Ashi adalah merupakan satu alternatif lain yang dapat digunakan dalam trading forex dan merupakan salah satu indikator yang terbaik dalam melihat arah pergerakan trend. Banyak yang mengatakan bahwa Heiken ashi merupakan alat bantu penunjuk dalam trading berdasarkan trend, namun 80% trader belum mengenal dan paham kegunaanya.

Salah satu kelebihan yang paling utama dari Heiken Ashi yaitu sebagai tools untuk menyaring gangguan berupa noise dimana sangat menggangu trader dalam bertrading dan juga sebagai alat penunjuk untuk melihat pergerakan trend yang sedang berlangsung serta dapat mengetahui kapan trend itu akan berhenti dan berbalik arah.

Rumus Heiken Ashi

Rumus dalam penggunaan Heiken Ashi sangat sederhana, kita hanya menggunakan OPEN-CLOSE data dari periode sebelumnya dan OPEN-HIGH-LOW-CLOSE (OHLC) data dari periode yang sedang berlangsung saat ini. Nilai OHLC yang dimodifikasi divisualisasikan dalam bentuk candle. Perhitungannya lebih lengkap bisa dilihat dibawah ini:

Heiken Ashi CLOSE  =  

Heiken Ashi OPEN    =  

Heiken Ashi HIGH    =  Max (High0, HA Open0, HA Close0)

Heiken Ashi LOW     =  Min (Low0, HA Open0, HA Close0)

Dimana:

HA : Heiken Ashi

-1    : Nilai Periode sebelumnya

0     : Nilai Periode saat ini

Heiken ashi bisa digunakan disemua Time Frame baik itu intraday, mingguan atau bulanan. HA Open selalu berada di titik tengah dari candle sebelumnya dan HA Close dihitung sebagai harga rata-rata candle saat ini. HA High adalah nilai yang paling tertinggi diantara nilai High saat ini, HA Open dan HA Close. Sedangkan HA Low adalah nilai yang paling terendah dari nilai Low saat ini, HA Open dan HA Close

Cara Kerja Heiken Ashi

Berdasarkan rumus diatas maka kita bisa dengan mudah melihat cara kerja dari Haiken Ashi, Indikator ini dengan jelas bisa melihat peralihan maupun perpindahan trend yang sedang terjadi.

Gambar: Indikator Heiken Ashi

Posisi Trend Turun (Downtrend), Terjadi pergantian dari candle hijau menjadi merah dan terus berlanjut sampai perpindahan cadle berikutnya. Posisi Trend Naik (Uptrend), Terjadi pergantian dari candle merah menjadi hijau dan terus berlanjut sampai perpindahan cadle berikutnya.

Cara Penggunaan Heiken Ashi di Metatrader

Penggunaan Haiken ashi di platform trading sangat mudah. Agar bisa menggukana Indikator ini maka Langkah-langkah yang harus dlakukan adalah sebagai berikut:

  • Pilih ‘Sisipkan’ dan kemudian ‘Indikator’
  • Pilih ‘Kustom’ dari daftar indikator
  • Pilih Heiken Ashi
Gambar: Haiken Ashi di Metatrader

Secara jelas indikator ini akan menghitung pergerakan harga secara otomatis, akan tetapi Anda harus memahami pola kerja dari indikator ini oleh karena itu kita akan melihat perbandingan dengan Candle jepang sebagai rujukan melihat indicator ini bekerja. Perbedaan antara candle jepang dan Haiken Ashi bisa dilihat digambar bawah ini :

Candle Jepang

Gambar: grafik Candle Jepang

Heiken Ashi

Gambar: grafik Heiken Ashi

Pada gambar diatas dapat dilihat dengan jelas bahwa Haiken Ashi terlihat sangat halus pada saat menunjukan rata-rata pergerakan suatu harga. Anda bisa melihat jelas pada saat Uptrend (warna hijau, pengaturan tergantung Anda) dan saat Downtrend (warna merah).

Implementasi Heiken Ashi dalam Trading

  • mengukur kekuatan trend yang sedang terjadi. Pada saat trend sedang dalam posisi yang kuat maka trader diharapkan untuk mengambil keuntungan trading sesuai dengan arah trend yang sedang terjadi
  • Penanda terjadinya pembalikan trend. Pada saat terjadinya pembalikan trend maka yang harus dilakukan oleh seorang trader adalah harus menutup order trading untuk trend yang sedang berlangsung atau bisa membuka order yang baru sesuai dengan trend yang sedang berjalan

Penggunaan Heiken Ashi bisa dipadukan dengan indikator lain. Pada prinsipnya anda bisa menggunakan Haiken Ashi dengan indikator yang benar-benar sangat dikuasai oleh Anda karena akan lebih memudahkan Anda dalam menganalisa.

Tapi kesempatan ini kami coba memodifikasikan Heiken Ashi dengan Osilator Stochastic. Strategi ini sangat sederhana disaat membuka order. Kita akan melakukan BUY disaat stochastic terjadi perpotongan dan berada di area Oversold disamping itu terjadi pembalikan candlestick Heiken Ashi. Begitu sebaliknya untuk order SELL akan dilakukan pada saat terjadi perpotongan dan berada di area Overbought dan adanya pembalikan candle stick Heiken Ashi. Strategi trading bisa dilihat di grafik dibawah ini:

Gambar: strategi trading menggunakan Heiken Ashi

Penggunaan Time Frame juga perlu diperhatikan dalam penggunaan Haiken Ashi. Anda bisa menggunakan Haiken Ashi di Tima Frame mulai dari M5 hingga H1. Semua tergantung dari style trading anda. Jika anda adalah trader swing dan selalu menjaga posisi dalam beberapa hari maka anda bisa menggunakan Haiken Ashi pada Time Frame H4 dan D1.

Timeframes. Jika Anda adalah trader harian, gunakan Heiken Ashi pada timeframes mulai dari M5 sampai H1. Jika Anda adalah trader swing dan menjaga posisi order terbuka untuk beberap ahari, Anda bisa menggunakan Heiken Ashi pada timframes H4 dan D1.

Keuntungan dan Kerugian Heiken Ashi

Heiken Ashi mempunyai kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan dengan Candle Jepang. Salah satu kelebihan dari Heiken Ashi adalah dapat mengubah candlestick menjadi lebih menarik dimana bisa memberikan gambaran yang jelas tentang kekuatan trend yang sedang terjadi, Misalnya disaat uptrend maka arah candle akan berwarna hijau dan disaat downtrend maka candle akan berwarna merah.

Disamping itu juga disaat menggunakan Heiken Ashi maka tidak akan terlihat adanya jedah dalam suatu harga karena candle baru akan mulai di tengah harga sebelumnya sehingga kita akan mudah menentukan akhir dari suatu koreksi.

Tapi keuntungan yang paling utama adalah indikator ini akan mengeliminasi serta mereduksi noise sinyal yang sedang terjadi di pasar sehingga membuat trader dapat dengan mudah memperoleh sinyal trading yang bagus sehingga membuat trader semakin mudah dalam menganalisa pasar yang sedang terjadi.

Sedangkan kekuarangan dari Heiken Ashi adalah terjadinya keterlambatan dari sinyal trading. Indikator ini selalu bergerak terlambat dari pergerakan harga. Hal ini sangat wajar karena indikator ini membutuhkan harga yang membentuk nilai tertinggi, terendah, dan penutupan harga untuk dibaca secara sempurna.

Kesimpulan Penggunaan Heiken Ashi

Dari uraian diatas maka bisa disimpulkan bahwa indikator Heiken Ashi adalah salah satu alternatif yang bisa dijadikan solusi untuk para trader pemula yang akan terjun ke dunia trading karena tidak memerlukan ketrampilan serta kemampuan untuk menghafal pola candle, sehingga bisa direkomendasikan untuk para trader pemula.

Dan yang paling utama dalah Heiken Ashi dapat menjadi alat bantu analisa yang sangat bagus dimana membuat trader lebih fokus kepada sinyal saat masuk suatu pasar dan juga merupakan suatu alat yang bagus untuk bisa menunjukan kekuatan suatu trend selama mungkin.

Saran untuk para trader yaitu tetap menggunakan Heiken Ashi bersama dengan indikator tehnikal lainnya dan tetap melakukan analisa terhadap pergerakan harga yang sedang terjadi karena disaat kita melakukan hal tersebut maka kita bisa memperoleh peluang yang besar dipasar yang sedang kita jalanin.

Untitled Document
Copyright © 2007—2021 AMarkets Ltd., Suite 305, Griffith Corporate Centre, Kingstown, Saint Vincent and the Grenadines. Semua hak cipta dilindung
Terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (FSA) Saint Vincent and the Grenadines, Nomor registrasi: 22567 IBC 2015. Terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (FSA) Saint Vincent di bawah nomor 22567 IBC 2015. AMarkets adalah anggota dari Komisi Keuangan, organisasi penyelesaian sengketa eksternal independen (EDR) bagi para trader yang tidak dapat menyelesaikan sengketa langsung dengan penyedia jasa keuangan mereka. Selain layanan penyelesaian sengketa, The Financial Commission melindungi setiap pedagang dengan Dana Kompensasi Komisi hingga €20 000 per kasus.